October 22, 2014

Tugas Humas Online (Digital PR, e-PR)

Posted by Humas Public Relations on October 22, 2014

Tugas Humas Online (Digital PR, e-PR)
DI era internet, khususnya era media sosial, petugas atau staf humas (praktisi PR) dituntut mampu menjalankan tugas humas online --dikenal juga dengan istilah Digital PR, Cyber PR, atau Electronik PR (e-PR).

Kehadiran media online menjadikan tugas humas dengan tugas pemasaran (marketing) dan tugas layanan pelanggan (customer service) menjadi "berbaur". Bisa dikatakan, tidak ada sekat antara Humas, Pemasaran, dan CS. Semua menjadi satu.

Karenanya, di lembaga apa pun Anda menjadi Humas (PR), instansi pemerintah ataupun perusahaan, organisasi swasta ataupun yayasan, tugas Humas Online melakukan semua fungsi humas, pemasaran, dan CS.

Yang harus dimiliki adalah penguasan IT dan media online, juga kemahiran melakukan komunikasi di dunia maya.

Petugas Humas harus akrab dengan komunitas online, netizen, user media sosial, plus gaya obrolan termasuk istilah "gaul" yang sering digunakan --CMIIW, IMHO, YW, dafuq, dll.

Langkah Praktis untuk Latihan
Petugas atau praktisi humas (PR) bisa memulai kemahirannya (skills) soal media online dengan cara:

  1. Blogging. Membuat blog pribadi untuk melatih keterampilan menulis di media online, juga mengakrabi bahasa pemrograman seperti CSS, HTML, Javascript, dan php. Untuk itu, buatlah blog di Blogger.
  2. Netizen. Jadilah user internet yang aktif. Share dan publikasi info aktual, aktif di forum-forum, minimal aktif di Facebook dan Twitter untuk membiasakan diri bergaul dengan komunitas online atau masyarakat dunia maya.
  3. Strategi. Banyak sekali strategi humas dan pemasaran online, juga strategi media sosial, yang dibagi oleh para praktisi dan ahli, khususnya yang berbahasa Inggris. Silakan Googling, misalnya dengan kata kunci "social media strategy" atau "online marketing strategy", juga "online public relations". Pelajari dan dalami agar bisa menguasai "ilmu" humas online dengan baik.
Dengan demikian, tugas humas online di era digital bukan hanya piawai menulis press release atau berkomunikasi dengan kalangan media (media relations), tapi juga bisa memiliki media online sendiri dan memanfaatkan media sosial sebagai fasilitas dan perangkat kehumasan. Wasalam.*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

No comments on Tugas Humas Online (Digital PR, e-PR)

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *