October 29, 2013

Pengertian humas menurut para ahli

Posted by Humas Public Relations on October 29, 2013

humas

Pengertian humas menurut para ahli cukup banyak.

HUMAS (hubungan masyarakat) atau Public Relations (PR) memiliki tiga pengertian:
1.Memberi penerangan kepada masyarakat.
2.Pembujukan langsung terhadap masyarakat guna mengubah sikap dan tindakan.
3.Usaha-usaha mengintegrasikan sikap dan tindakan dari permasalahan dengan masyarakat dan dari masyarakat terhadap permasalahannya. (Edward L. Bernays).

Humas merupakan fungsi manajemen yang menilai sikap publik, mengidentifikasi kebijakan dan tata cara seseorang atau organisasi demi kepentingan publik, serta merencanakan dan melakukan suatu program kegiatan untuk memperoleh pengertian, pemahaman, dan dukungan dari publiknya. (Scott M. Cutlip dan Allen H. Center).

Humas membantu suatu organisasi dan publiknya untuk saling beradaptasi secara menguntungkan. Humas adalah usaha organisasi untuk memperoleh kerjasama dari sekelompok orang. Humas membantu organisasi berinteraksi secara efektif dan berkomunikasi dengan publik utama. (The Public Relations Society of America).

Humas adalah proses yang berkelanjutan dari usaha-usaha manajemen untuk memperoleh itikad baik dan pengertian dari langganannya, pegawai, dan publik umumnya; ke dalam dengan mengadakan analisis dan perbaikan terhadap diri sendiri, keluar dengan mengadakan pernyataan-pernyataan.

(Public Relations is the continuing process by which management endeavors to obtain goodwill and understanding of its customers, its employers, and the public at large; inwardly through self analysis and corrections, inwardly through all means of expressions). (J.C.Seidel).

Humas adalah kelanjutan dari proses penetapan kebijaksanaan, penentuan pelayanan dan sikap yang disesuaikan dengan kepentingan orang-orang atau golongan agar orang atau lembaga itu memperoleh kepercayaan dan itikad baik dari mereka. Kedua, pelaksanaan kebijaksanaaan, pelayanan dan sikap adalah untuk menjamin adanya pengertian dan penghargaan yang sebaik-baiknya.

(Public relations is the continued process of keying policies, services and actions to be the best of interest of those individual and groups whose confidence and goodwill an individual or institutions covets and secondly, it’s the interpretation of these policies, services and actions to assure complete understanding and appreciation). (W. Emerson Reck).

Humas adalah gabungan antara seni dan ilmu pengetahuan yang memperdiksi kecenderungan, memperkirakan konsekuensi, memberi saran kepada pimpinan organisasi, dan melaksanakan rencana kegiatan sebagaimana yang telah ditetapkan untuk melayani kepentingan publik dan organisasinya. (Public Relation World Conference).

Humas adalah fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaaat antara organisasi dengan publik yang memengaruhi kesuksesan dan kegagalan organisasi tersebut. (Cutlip, Center, dan Broom).

Humas adalah suatu usaha berencana dan berkesinambungan untuk membina serta memelihara itikad baik ataupun pengertian bersama antara organisasi dengan masyarakatnya. (The British Institute of Public Relation).

Humas adalah sesuatu yang terdiri dari semua bentuk komunikasi berencana baik ke dalam maupun ke luar antara organisasi dengan publiknya untuk mencapai tujuan khusus, yakni pengertian bersama. (Frank Jeffkins).

Humas adalah sebuah sistem komunikasi untuk menciptakan niat baik.[8] Public relations is a system of communication to create goodwill). (Jeffkins & Daniel Yadin).

Demikian beberapa Pengertian humas menurut para ahli.

Referensi:

  • Jefkins, Frank. 1994. Public Relations Techniques. Butterworth Heinemann. 
  • Jefkins, Frank. 1986. Planned Press and Public Relations. Edisi 2. Blackie.
  • Prof. Drs. H.A.W. Widjaja. 2008. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: PT.Bumi Aksara.
  • Ruslan, Rosady. 2005. Kampanye Public Relations. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
  • Davis, Anthony. 2005. Everything You Should Know About Public Relations. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.
  • Seidel. 1947. Stores. Jilid 33. National Retail Merchants Association, Inc.
  • Burlingame, Dwight. 1990. Library Development:A Future Imperative. Routledge.
  • Dozier, David M, dkk. 1995. Manager's guide to excellence in public relations and communication management. Routledge.
  • Canfield, Bertrand. R. 1968. Public relations; principles, cases, and problems. R. D. Irwin.
  • Wikipedia.

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

1 comment on Pengertian humas menurut para ahli

  1. Thanks, Perbedaan pendapat tentang istilah Humas dan Public Relation apakah ada pembahasan tentang hal tersebut ?. Sebab ada yang secara tegas mengatakan Humas itu bukan PR. Yang lain bilan PR adalah Humas dalam bahasa Inggris. Mohon pencerahan ...terimakasih

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *